Senin, 09 Mei 2011


Jaringan komputer adalah serangkaian dua buah komputer atau lebih yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain sehingga menghasilkan sesuatu yang di inginkan.

1. Local Area NetWork (LAN)
  Merupakan suatu jaringan komputer yang masih berda di dalam gedung atau ruangan seperti digunakan di rumah, perkantoran, industry, akademi, rumah sakit dll.
LAN biasanya digunakan untuk berkomunikasi data antar client pada jaringan tersebut baik untuk sharing internet, sharing files ataupun untuk sharing hardware seperti printer dan lain sebagainya. teknologi yang digunakan dalam LAN disebut sebagai Ethernet. Ethernet merupakan suatu interface yang digunakan untuk koneksivitas antar komputer. Ethernet terstandardisasi sebagai IEEE 802.3.  Ethernet memiliki 2 mode operasi yaitu half duplex dan full duplex. Pada mode half duplex menggunakan CSMA/CD (Carrier-Sense Multiple Access/Collision Detection).
   Keuntungan menggunakan LAN :
  • Dapat menghubungkan computer dalam jumlah banyak .
  • Access antar computer berlangsung cepat dan mudah .
  • Dapat saling bertukar informasi dengan para pengguna (client).
  • Dapat Memback up Data pada computer lain tanpa harus membongkar hardisk.
  • Hemat waktu dan biaya.
  • Digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang terdapat didalam gedung / kantor.
  • Jaringan LAN disebut dengan jaringan local.

 2. Metropolotan Area Network (AN)
Merupakan pengembangan dari local area network jaringan komputer ini terdiri dari beberapa jaringan LAN yang saling berhubungan letak jaringan ini bisa saling berjauhan tergantung dari panjang kabel yang kita gunakan.
Jaringan MAN menghubungkan jaringan-jaringan kecil yang ada,seperti LAN yang menuju pada area lingkungan yang lebih besar.
Teknologi MAN dapat mendukung data dan suara dapat berhubungan dengan jaringan Televisi Kabel. Standar yang ditentukan dalam arsitektur MAN adalah DQDE (Distributed Queue Dual Bus ) atau 802,6 menurut standar IEEE (Institute of Electrical dan Elevtronik Engineer). DQDB terdiri dari atas dua buah kabel Undirectional. Semua komputer dihubungkan dengan setiap bus yang mempunyai Head-End., Yaituperangkat untuk memulai aktivitas trnasmisi data. Lalu lintas yang menuju komputer yang berada disebelah kanan menggunakan bus yang bagian atas,sedangkan lalu lintas yang menuju komputer ke arah kiri menggunakan bus yang bagian bawah.
Keuntungan menggunakan MAN :

  • Jaringan ini juga sering disebut dengan intranet.
  • Software dan hardware yang digunakan sangat spesifik.



 

3. Wide Area Network (WAN)
 Merupakan bentuk jaringan komputer yang terdiri dari LAN dan MAN jaringan MAN telah memenuhi berbagai system jaringan seperti perbankkan jual beli secara online di internet. Jringan penjualan jasa dan jaringan lainnya wan menggunakan protocol internet NSP (network cervice propider) tanpa NSP jaringan wan tidak dapat bekerja.
Keuntungan menggunakan WAN :
  • Memiliki sistem jaringan yang luas sehingga dapat mencapai Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
  • Apabila terhubung dengan jaringan internet msk teransper file pada tempat yang saling berjauhan. Dapat di lakukan dengan cepat menggunakan email.
  • Jaringan ini menggunakan satelit bawah laut.
  • Kecepatan transfer data adalah 64 kbps.
  • Dalam jaringan ini terdapat satu pusat komputer yang disebut dengan host.

 


 4. Internet
Merupakan gabungan dari berbagai LAN dan WAN yang berada di seluruh jaringan Komputer di dunia. Sehingga terbentuk jaringan dengan sekala yang lebih luas dan gelobal jaringan internet biasanya menggunakan protocol TCP/IP dalam mengirimkan paket data internet berasal dari (interconnected network) yang berarti hubungan dari beragam jaringan computer di dunia yang saling terintegrasi membentuk suatu komunikasi gelobal.
  • Jaringan internet ini menggunakan kabel serat optic untuk menghubungkan antara benua yang satu dengan benua yang lain, kabek tersebut dibangun didasar laut.
  • Internet sebagai sumber informasi.

 

0 komentar:

Tentang Kami ...

Foto saya
Bogor, Yogyakarta, Indonesia
Pendiem, cuek, kuper, tp asik kok, seneng baca sesuatu yang menarik mata & hati, seneng berkelana juga.. Dalam hidup, jika kamu takut sesuatu.. maka kamu tidak akan melihat apapun

Popular Posts

Pengikut

PRIMAFVA. Diberdayakan oleh Blogger.