Artikel Ku

WELCOME TO MY PERSONAL BLOG

Profil Ku

haayoooo....!!!

Masih Kosong

ADA YANG BISA DIBANTU ??

Facebook Ku

SILAHKAN KOREKSI JIKA BLOG SAYA KURANG SEMPURNA ATAU MENGALAMI ERROR

Sabtu, 15 Januari 2011

Image and video hosting by  TinyPic
Eksterior mobil ini mirip Cadillac STS dan DTS, tetapi mengalami sedikit perubahan. Untuk menahan proyektil peluru, mobil dipres dengan berbagai logam seperti aluminium, titanium dan material keramik. Pintu mobil ini tebalnya 8 inci dan bentuknya mirip dengan pintu kabin pesawat Boeing 787.
Unsur keamanan jangan ditanya. Kaca mobil ini setebal 5 inchi yang dirancang anti peluru dan memiliki penyerap lapisan kaca, plastik dan perisai “anti-spall” untuk mencegah pecahan kaca masuk ke wilayah penumpang.
Bahan yang digunakan untuk bodi memang dirahasiakan, tapi biasanya terdiri dari baja “dual-hardness”, aluminum, titanium dan keramik.
Ban terbuat dari serat kevlar tahan bocor serta velg baja yang masih bisa melaju jika ban terkelupas.
Fitur keselamatan lainnya, mobil dilengkapi cadangan darah, persediaan oksigen, kamera night vision, gas air mata dan sejumlah fasilitas lain.
Mobil ini hanya memiliki top speed 96 km per jam dan menghabiskan bahan bakar 1 galon setiap setiap 8 mil.
Dari sisi interior, jok seperti halnya Cadillac CTS juga dijahit dengan tangan. Kursi penumpang belakang, sangat luas dengan tempat duduk eksklusif untuk presiden dan staf eksekutifnya.
Di tengah panel jok belakang mobil ini ditempeli logo presiden bordiran. Stempel presiden juga tertempel di luar pintu belakang.

Sumber : http://wawanwae.blogspot.com/2010/11/kecanggihan-mobil-cadillac-presidential.html

WASHINGTON – Teleskop Kepler milik NASA menemukan lima exoplanet baru. Exoplanet adalah planet yang mengorbit bintang selain matahari di luar sistem tata surya.
NASA menyebutkan, kelima exoplanet yang ditemukan tersebut kemudian diberi kode Kepler 4b, 5b, 6b, 7b dan 8b. Menurut NASA, ditemukannya planet-planet tersebut agaknya menjadi pembenaran bahwa teleskop Kepler merupakan perangkat yang canggih untuk menemukan planet lain yang mirip Bumi. NASA pun optimis teleskop tersebut bisa mencapai target yang ingin dicapai dalam bidang sains.
Misi Kepler NASA yang dimulai pada 6 Maret tahun lalu dirancang untuk meneliti lebih dari 150.000 bintang guna menemukan planet serupa matahari. Dalam pernyataannya kepada publik seperti dikutip dari CNet, Selasa (5/1/2010) NASA menjelaskan bahwa misi Kepler pada akhirnya memiliki tujuan untuk menentukan apakah kita benar-benar ‘sendiri’ di galaksi ini.
“Kami memperkirakan, planet-planet seukuran Jupiter tersebut menjadi planet pertama yang terdeteksi oleh Kepler. Kita hanya tinggal menunggu waktu hingga Kepler menemukan planet lain yang lebih kecil dengan periode orbit yang lebih lama. Hal itu akan membawa kita semakin mendekati penemuan planet mirip Bumi,” kata kepala astrofisika NASA Jon Morse.
Lima planet disebut yang kemudian dinamakan sebagai ‘hot Jupiter’ tersebut rata-rata memiliki ukuran sebesar Neptunus atau lebih besar dari Jupiter. Waktu orbit mereka berkisar antara 3,3 hari sampai 4,9 hari. Temperatur suhu planet mencapai sekira 26.000 derajat Fahrenheit, cukup panas untuk melelehkan timah atau besi. Itu artinya, kelima planet tidak mungkin ditinggali manusia karena suhunya terlalu panas.
Kepler merupakan salah satu perangkat canggih NASA untuk mengidentifikasi planet. Perangkat tersebut mencari planet dengan mengukur tingkat kecerahan cahaya yang dipantulkan sebuah bintang. Kepler akan terus menjalankan misinya mencari planet hingga November 2012. NASA sangat optimis, Kepler hanya akan memerlukan waktu kurang dari tiga tahun untuk menemukan planet-planet serupa Bumi.

http://beritaaneh.com/2010/01/teleskop-kepler-temukan-lima-planet-baru/

Obyek wisata yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu ikon yang paling dijual oleh departemen pariwisata Indonesia, atau Jawa Timur pada khususnya. Taman National Bromo, Tengger, Semeru. Gunung Bromo, yang merupakan salah satu bagian lingkup taman nasional ini menawarkan eksotika tersendiri sebagai obyek wisata gunung dibandingkan wisata gunung yang lain. Bukan hanya karena bentuk gunung dan kawah belerangnya yang khas, namun lebih dikarenakan lokasinya. Orang menyebutnya crater in the crater, atau kawah didalam kawah. Karena sebenarnya Gunung Bromo dan gunung-gunung disekitarnya (Gunung Batok,dll) hanya merupakan ‘tonjolan-tonjolan’ yang berada didalam kawah yang besar, dimana areal kawah ini adalah sebesar lautan pasir (Segoro wedi). Sejarahnya memang jaman dahulu kala gunung ini adalah gunung yang jauh lebih besar daripada Gunung Semeru yang ada disampingnya, yang kemudian meletus dengan dahsyatnya sehingga terbentuklah kawah berpasir ini dengan gunung-gunung kecil yang terbentuk didalam kawah bekas letusannya ini. Salah satunya adalah Gunung Bromo ini.
living-with-volcanoesUntuk akses menuju Gunung Bromo ini ada dua pintu masuk, yaitu pintu masuk sebelah timur (Tosari,Pasuruan) dan pintu masuk sebelah barat (Cemoro Kandang,Probolinggo). Keduanya memiliki nilai lebih masing-masing. Namun saya sarankan memang petualangan di Bromo akan lebih menarik jika kita masuk melalui pintu sebelah timur. Petualangan akan dimulai di gardu pandang gunung Bromo dan Semeru yang terletak di Gunung Penanjakan. Disini kita akan menikmati indahnya sunrise berlatarkan gunung Bromo dan Semeru. Jika anda pernah melihat gambar atau foto yang berlatarkan gunung Bromo dan Semeru yang sangat indah (seperti gambar diatas), disinilah tempat foto itu diambil. Setelah kita puas menikmati sunrise disini, sekitar pukul setengah tujuh kita bisa turun menuju lautan pasir. Disini kita bisa menikmati gabungan suasana padang pasir dengan pegunungan yang tidak ada duanya. Dan terakhir kita menuju Gunung Bromo untuk menikmati kawah beserta pemandangan disekitarnya.
Jika anda bertanya-tanya kenapa kita tidak menikmati sunrise dipuncak Gunung Bromo saja, seperti kebanyakan pemikiran orang-orang. Alasan pertama dan utama adalah sunrise tidak tampak disini. Matahari baru kelihatan setengah jam sampai satu jam dari waktu asli terbitnya dikarenakan terhalang oleh gunung yang lebih tinggi yang ada disekitarnya. Karena memang ini bukan pendakian gunung sejati, maka sensasi berada dipuncak pada saat sunrise pun tidak begitu penting. Lebih mantab jika kita benar-benar melihat sunrise dengan berlatarkan dengan gunung Bromo dkk yang cukup indah. Sensasi berada di Bromo akan dapat.
Untuk perjalanan menuju kesananyapun cukuplah mudah, terutama untuk warga Surabaya atau Malang dan sekitarnya. Transportasi yang disarankan menggunakan kendaraan pribadi, bisa mobil ataupun sepeda motor. Kenapa tidak menggunakan anggutan umum, karena memang selain agak sulit didapat (khususnya menuju kaki gunung), timing juga tidak tepat karena kita berangkat pada tengah malam dimana sudah tidak ada angkutan umum lagi. Kecuali anda berniat menginap terlebih dahulu. Dari arah Surabaya kita menuju Pasuruan via Gempol. Sesampainya di Pasuruan ambil arah jurusan Malang, ke arah jalan yang menghubungkan Pasuruan dengan Purwosari. Sekitar 3-4km selepas pasuruan akan ada pertigaan besar (ada traffic light), dimana terdapat marka besar diatasnya yang menunjukkan jika kekiri adalah menuju Gunung Bromo. Daerah ini disebut warung dowo. Begitu halnya dari arah Malang. Dari Malang kita menuju Purwosari. Dipertigaan Purwosari ini kita ambil arah lurus menuju Pasuruan (dimana yang kekiri adalah arah Pandaan). Dari pertigaan Purwosari ini menuju Warung Dowo menempuh jarak sekitar 15 km.
Dari Warung Dowo, setelah masuk beberapa kilometer, ada pertigaan besar kita ambil arah kanan. Setelah itu kita tidak akan berbelok lagi hingga mencapai desa Tosari. Mulai dari Warung Dowo marka jalan cukuplah jelas, anda tidak perlu takut tersesat walaupun perjalanan dilakukan pada tengah malam. Hanya perlu dicermati, perjalanan dapat membuat perut mual dan kepala pusing, karena memang jalanan menanjak dan berkelok-kelok cukup tajam. Ada yang hampir satu putaran penuh bahkan. Perjalanan akan menghabiskan waktu satu hingga dua jam tergantung ‘style’ menyetir anda dijalanan berkelok-kelok seperti ini. Namun yang jelas jalanan sangat lancar karena memang tengah malam :)
Sesampainya di desa Tosari, anda diwajibkan untuk mengambil keputusan penting, yaitu apakah anda akan lanjut dengan kendaraan pribadi anda ataukah anda menyewa mobil medan atau hardtop. Kenapa demikian, karena memang jalur setelah ini adalah bisa dibilang jalur maut. Turunan dan tanjakan mempunyai kemiringan yang cukup mengerikan, mungkin hingga 50 derajat. Dan itu lebarnya hanya satu seperempat jalur mobil. Artinya jika berpapasan sesama mobil harus ada trik-trik khusus. Kemiringan tersebut ditambah dengan kelokan-kelokan tajam. Sehingga sangat tidak disarankan untuk pengemudi mobil yang tidak berkeahlian. Kecuali memang untuk orang yang tidak sayang dengan mobil dan nyawanya :) Namun untuk pengendara sepeda motor sendiri sepertinya tidak diperlukan keahlian khusus. Hanya saja pastikan sepeda motor anda kuat mendaki kemiringan tersebut. Jenis sewanya sendiri ada dua, sewa supir atau sewa hardtop beserta supirnya. Untuk sewa supir, kendaraan (mobil) yang dipakai tetaplah kendaraan kita, namun supir tersebut menjamin jika ada kerusakan akibat menyetirnya, maka kerusakan akan ditanggung sepenuhnya. Tarifnya tentulah lebih murah dibandingkan sewa hardtop beserta supirnya. Untuk sewa hardtop mereka mematok harga seragam sehingga tidak mungkin untuk ditawar lagi yaitu dengan tarif 300 ribu rupiah. Itu meliputi perjalanan dari Tosari menuju Penanjakan, Penanjakan menuju ke lautan pasir dan Gunung Bromo, hingga kembali lagi ke Tosari.
gardu-pandangPerjalanan dari Tosari menuju Penanjakan memakan waktu kurang lebih 30 menit, dengan perjalanan yang lebih menanjak dan berkelok-kelok daripada sebelumnya. Sebelumnya keluar dari desa Tosari kita akan ditarik retribusi masuk masuk. Perorang kurang lebih 5 ribu rupiah (kalau tidak salah). Dan ohya, portal masuk retribusi Bromo ini dibuka pukul 3 pagi. Sehingga jika anda sampai lebih pagi dari itu terpaksa harus menunggu terlebih dahulu. Sesampainya di Penanjakan kita akan disuguhi kios-kios yang tertata rapi yang menjajakan berbagai macam cendera mata. Walaupun waktu masih menunjukkan pukul setengah empat dini hari namun suasananya terang benderang, karena lampu neon yang berpijar milik para pemilik kios yang saling beradu terang untuk menarik pelanggan. Disini kita akan menaiki tangga-tangga sejauh kurang lebih 200 meter hingga mencapai gardu pandang. Digardu pandang inilah kita akan menikmati indahnya pemandangan alam yang dibentangkan oleh yang Maha Kuasa. Lokasi ini memang diatur cukup rapi dengan disediakannya tempat duduk berjajar dan bertingkat serta pagar pembatas untuk memanjakan para penikmat. Dan paling penting adalah berdoalah agar cuaca cukup cerah agar anda dapat menikmati dengan maksimal. Karena sialnya saya dan teman-teman saya ketika kesini cuaca mendung pekat, hingga pukul tujuh pun matahari tidak tampak. Gunung Bromo apalagi. Yang tampak hanya warna putih awan, dan dari kejauhan tampak sedikit gunung semeru yang lagi batuk menyemburkan asapnya.
segoro-wediSetelah dari Penanjakan, kita dapat melanjutkan perjalanan menuju Bromo. Perjalanan kesana dimulai dengan jalanan menurun yang luar biasa mengerikannya, yang memang disinilah tempatnya pengemudi ahli beraksi. Karena memang sebenarnya ini bisa disebut jalanan ‘menuruni tebing’. Setelah adrenalin terpacu, perut terkocok, kepala terbentur kap mobil, kita akan disuguhi keindahan dari lautan pasir (segoro wedi). Seperti telah dijelaskan didepan, disini kita berada diperpaduan antara suasana padang pasir dengan suasana pegunungan. Benar-benar mantab. Jika anda menyewa hardtop (seperti rombongan saya), maka supir hardtop akan menawari anda apakah ingin berfoto-foto atau sekedar menikmati suasana lautan pasir. Tentulah anda harus menjawab ‘iya’ jika tidak ingin kehilangan momen berharga ini. Dan saya beserta teman-teman cukup puas disini (sebelumnya dikecewakan karena tidak bisa melihat pemandangan indah di gardu pandang).
ondoCukup puas di lautan pasir, agar tidak terlalu siang, kita lanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo. Hardtop hanya boleh masuk hingga areal tertentu yang telah dibatasi disekitar areal pendakian. Dengan tujuan, selain agar tampak rapi juga untuk berbagi rejeki dengan para joki yang menyewakan kudanya untuk dinaiki. Biaya sewa kuda bervariasi dan tergantung tingkat menawar anda, namun untuk orang lokal biasanya dipatok dengan harga 20 ribu rupiah. Dan akan semakin murah jika mendekati tangga pendakian. Kalaupun berjalan juga tidak akan memberatkan jika stamina anda cukup prima. Hingga mecapai kaki tangga, jika anda berjalan akan menghabiskan waktu setengah jam kurang lebih. Kemudian anda bisa menaiki tangga hingga mencapai puncak Gunung Bromo. Disini kita dapat menikmati indahnya kawah Bromo dan juga dapat berfoto dengan ber-background-kan gunung Batok yang ada disebelahnya. Anda bisa juga berkeliling kawah jika hari tidaklah terlalu siang. Karena semakin siang semakin berbahaya berada disekitar kawah. Karena semakin siang uap belerang semakin tidak dapat membumbung keatas sehingga kemungkinan bahaya keracunan akan semakin tinggi.
Rute:
  • Surabaya – Gempol – Pasuruan – Warung Dowo : 1,5 jam (perjalanan malam hari)
    Malang – Purwodadi – Purwosari – Warung Dowo : 1 jam ( perjalanan malam hari)
  • Warung Dowo – Tosari : 1-2 jam (perjalanan malam hari)
  • Tosari – Penanjakan : 30 menit
  • Penanjakan – Segoro Wedi : 25 menit
  • Segoro Wedi – Bromo : 15 menit
Tarif:
  • Retribusi masuk areal TNBTS : Rp.5000 per orang
  • Sewa hardtop : Rp.300.000 per mobil
  • Sewa kuda : Rp.20.000 (nego)
Tips:
  • Berkunjunglah pada musim kemarau, jangan musim penghujan, sehingga anda akan mendapatkan momen pemandangan yang sempurna.
  • Siapkan pakaian pelindung dingin, seperti kerpus, slayer, syal, sarung tangan, jaket, dan jangan lupa sepatu karena cuaca disini cukup dingin.
  • Bawalah juga kacamata untuk pelindung dari debu pasir selama di segoro wedi.
  • Jangan berada dikawah Bromo diatas pukul 9 pagi untuk menghindari resiko keracunan.
  • Timing yang paling tepat berangkat dari Surabaya atau Malang adalah sekitar pukul 12-1 malam.

Sumber : http://engineear.net/2008/11/10/bromo-kawah-didalam-kawah/

Jika Anda ingin memulai atau mencari tempat baru untuk dikunjungi, di sini adalah daftar dari beberapa tempat terbaik di seluruh dunia untuk menyelam :
1. Bali, Indonesia
Bali yang indah, eksotis adalah permata di Indonesia dan surga untuk berbagai kegiatan pariwisata. Dari resor mewah untuk spa, rekreasi ke alam liar, pulau ini merupakan tujuan lengkap. Memang banyak penyelam ingin menyertakan dirinya, yang datang ke sini untuk beberapa keanekaragaman hayati laut terbaik di instruktur kelas dunia dan kebanyakan tempat menyelam rahasia, sulit dipahami.
http://blog.ratestogo.com/wp-content/uploads/2008/06/scuba2.jpg
http://www.ecosea.com/Scuba%20Diving/Bali%20dive%20Reef%20picture.jpg
2. The Blue Hole
The Blue Hole di Belize adalah salah satu tempat menyelam yang paling terkenal di dunia. Situs ini dibuat terkenal oleh Jacques Cousteau, yang menyatakan bahwa salah satu tempat menyelam terbaik sepuluh di dunia. Anda dapat menyelam di perairan pirus dan melihat beberapa jenis hiu karang, hiu martil dan hiu banteng.
http://www.nomadicmatt.com/images/scuba1.jpg
http://www.colemangallery.com/Images/M21F_Nurse_Shark_Blue_Hole.jpg
3. Thailand
Thailand memiliki beberapa tempat menyelam terkenal: Phuket, Ko Tao, Kepulauan Similan dan Kepulauan Surin. Bahkan, Anda dapat cukup banyak menyelam di mana saja di negara ini, tapi tempat menyelam terbaik adalah di dekat Ko Tao dan dekat Similans. Selain itu, Ko Tao adalah tempat yang murah untuk belajar menyelam.
http://www.nomadicmatt.com/images/scuba2.jpg
http://images.brisbanetimes.com.au/2009/11/10/848142/Koh-Tao-Diving-420x0.jpg
http://www.kohtao-diving.com/wp-content/gallery/site-pictures-of-koh-tao-diving/scuba-diving-koh-tao.jpg
4. Gili Islands
Pulau Gilis di Indonesia adalah spot menyelam yang baru, dengan orang-orang berkerumun di sini dalam jumlah yang meningkat. Dengan alasan yang baik – terumbu dan perairan di sini menyediakan beberapa atraksi visual yang menakjubkan. Dan dengan pulau Bali lebih murah dari tetangga, ada alasan lebih untuk datang ke sini.
http://www.nomadicmatt.com/images/scuba3.jpg
http://www.giliislandsdiving.com/images/CORAL1.jpg
5. Palau, Micronesia
Dengan jarak 90 mil dari coral lagoon, hidup lebih dari 1.000 jenis ikan barracuda, hiu sampai ubur-ubur, pulau-pulau yang membentuk Palau di Mikronesia adalah tempat yang tepat untuk menyelam. Sebuah surga di atas air, sehingga, Palau adalah salah satu dari sedikit tempat tersisa di bumi di mana Anda merasa satu juta mil jauhnya dari peradaban.
http://blog.ratestogo.com/wp-content/uploads/2008/06/scuba4.jpg


6. Sipadan
Terletak di Malaysia, Sipadan mungkin adalah salah satu dari sepuluh situs top menyelam di dunia. Tempat itu dipenuhi dengan kehidupan. Anda akan melihat penyu, sistem gua, hiu, lumba-lumba, menjelajahi peradaban ikan, ikan karang, cerah, mengkilat dan segala sesuatu di antaranya dalam buku ini, kepalanya.
http://www.nomadicmatt.com/images/scuba4.jpg
7. Great Barrier Reef, Australia
Salah satu keajaiban dunia yang luar biasa, Great Barrier Reef yang tak tertandingi ketika datang ke kekaguman alam dan kemegahan. Ada beberapa cara untuk melihat dan menjelajahi Great Barrier Reef, tetapi untuk yang profesional, salah satun caranya menyelam. Great Barrier Reef terkenal sebagai tempat sentral untuk mengamati kehidupan air kaleidoskopik.
http://blog.ratestogo.com/wp-content/uploads/2008/06/scuba3.jpg
8. Hawaii
Hawaii memiliki beberapa spot menyelam. Kepulauan ini dikelilingi oleh terumbu karang dan satwa liar. Wilayah utara kepulauan itu dibuat hanya dalam cadangan laut terbesar di Amerika Serikat, memberikan menyelam yang bagus untuk tahun-tahun mendatang.
http://www.nomadicmatt.com/images/scuba9.jpg
9. Boracay
Terletak di Filipina, surga tropis ini juga surga menyelam. Anda akan menemukan semua ada di sini, banyak sistem terumbu karang. Jika Anda sudah selesai berenang di bawah laut, anda dapat menikmati pantai-pantai di atas air.
http://www.travelasianplaces.com/images/philippines/boracay3.jpg
10. Papua New Guinea
Setelah permata rahasia untuk penyelam di Australia dan Pasifik Selatan pada umumnya, Papua New Guinea sekarang permainan wajar sebagai tujuan utama menyelam. Daerah ini memiliki segala. Tidak peduli apa selera Anda, lautan dalam dan terumbu dangkal, laguna swasta dan atol dan mungkin terbaik dari semua, bangkai kapal margin – kontradiksi, tapi tetap saja – yang mengingatkan kembali ke Perang Dunia Kedua.
http://aquaviews.net/wp-content/uploads/2009/07/Blackjack-B17-Milne-Bay-Papua-New-Guinea.jpg
11. Fernando de Noronha
Ini adalah bagian tempat di Brasil. Di sini kita punya banyak hidup di antara air biru, membuat lingkaran di kepulauan ini. Berenang dengan lumba-lumba, kura-kura dan banyak lagi.
http://www.nomadicmatt.com/images/scuba7.jpg

http://beritaaneh.com/2010/07/tempat-tempat-menyelam-yang-menakjubkan/





J-XX, J-14 (China, 2018)
This is the Chinese 5th generation fighter (4th generation by Chinese nomenclature) under development in Shenyang Aircraft Industry. Its introduction is planed for 2018.

No details of the aircraft were given yet to the public, but it is almost certainly designed for supersonic cruise without afterburning. China is probably working on two 5th generation concepts – one would be a heavy twin-engine fighter probably of about the same size as the F-22, and the other is a single-engine aircraft probably closer to the F-35.
http://militarystrat.wordpress.com/2010/01/07/chinas-5th-generation-j-14-stealth-fighter/ 

hightechnologyzone

http://indonesiandefense.blogspot.com

16 Juli 2010, Seoul -- Indonesia sepakat bergabung dalam proyek pengembangan jet tempur KF-X,Korea Selatan (Korsel), yang tertunda selama beberapa tahun akibat masalah teknis dan pendanaan.

Kedua negara juga sepakat untuk bekerja sama dalam produksi dan pemasaran jet tempur tersebut. “Indonesia akan memperoleh sekitar 50 jet tempur KF-X dengan menanggung 20% biaya pengembangan proyek bernilai miliaran dolar AS itu,” ungkap Kementerian Pertahanan Korsel dalam rilisnya. Kesepakatan itu ditandatangani di Seoul oleh Komisioner Kementerian Pertahanan Korsel dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Indonesia Marsekal Madya TNI Erris Herryanto kemarin.Menurut Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korsel,proyek ini akan kembali dimulai awal tahun depan. Adapun produksi jet-jet tempur baru dilakukan setelah studi kelayakan rampung pada akhir 2012.

Model jet tempur siluman KF-X. (Foto: emile)

“Kami juga memerlukan mitra asing yang akan mentransfer teknologi dan suku cadang utama jet tempur tersebut,” ujarnya tanpa menyebutkan total dana yang diperlukan. Proyek jet tempur KF-X sebenarnya sudah diluncurkan tahun 2000,tapi ditangguhkan karena masalah teknis dan ekonomi.Presiden Lee Myung-bak pada Januari lalu setuju untuk mendorong proyek tersebut di tengah meningkatnya ketegangan antara Korsel dan Korut. Kementerian Pertahanan RI membenarkan kerja sama dengan Korsel dalam memproduksi pesawat tempur KF-X.Pemerintah Indonesia bisa menggunakan fasilitas milik PT Dirgantara Indonesia.

“Kami tidak hanya membeli pesawat tempur, tetapi juga ingin bekerja sama dalam produksinya.Kami berharap fasilitas milik PT Dirgantara Indonesia bisa digunakan untuk hal itu,”kata Juru Bicara Kemhan BrigjenTNI I Wayan Midhio. I Wayan mengatakan KF-X adalah pesawat tempur jenis baru yang memiliki kemampuan tempur andal. Bahkan.Wayan berani mengklaim kemampuan KF-X ini di atas F-16, tapi masih di bawah F-35.Wayan mengakui pemerintah berencana membeli 50 buah KF-X begitu pesawat selesai diproduksi.Tidak hanya membeli, pemerintah juga membantu memasarkan pesawat itu ke negara-negara lain.

“Saya kira, prinsip yang paling utama adalah sekarang negara kita bisa ikut terlibat dalam proses produksinya,jadi ada transfer teknologi,”tuturnya. Juru Bicara TNI Angkatan Udara Laksamana Pertama Bambang Samudro menyatakan kerja sama produksi pesawat tempur dengan Korsel ini adalah bagian dari rencana kedua pihak untuk meningkatkan kemampuan dalam memproduksi pesawat tempur.“Ini adalah kerja sama jangka panjang kedua negara.Kesepakatan ini dicapai setelah melalui pembicaraan panjang,”tuturnya.

Kerja sama produksi pesawat tempur ini, lanjut Bambang,dimulai tahun ini sementara segala persiapan seperti survei dan membuat prototipe akan dilakukan hingga 10 tahun ke depan.Bambang menambahkan, TNI AU akan memakai semua pesawat itu jika pemerintah membelinya.“Yang paling utama, kita tidak hanya membeli, tetapi kita bisa membuat sendiri peralatan tempur kita sebagaimana yang pemerintah inginkan,”katanya. Sekjen Kemhan Marsekal Madya Erris Herryanto sebelumnya mengatakan Indonesia layak untuk berpartner membuat pesawat tempur.Menurut dia,langkah kerja sama dengan Korsel merupakan suatu kemajuan karena tidak banyak negara yang bisa membuat pesawat tempur.


Apabila memiliki pabrik pesawat tempur, Indonesia tidak akan bergantung lagi kepada negara lain. Namun Erris saat itu belum bisa merinci beberapa hal yang tertuang dalam perjanjian itu,termasuk apa saja yang akan diperoleh Indonesia dan apa saja yang harus disediakan. ”Yang jelas, kita punya PT Dirgantara Indonesia dan tenaga ahli,”kata Erris. Dia juga mengungkapkan, spesifikasi pesawat tempur KF-X ini kira-kira berada di atas F-16,tetapi di bawah spesifikasi F-35.Adapun kebutuhan biaya yang diajukan sekitar USD8 miliar dengan jangka waktu kerja hingga tahun 2020.Pada 2020 diharapkan sudah bisa disiapkan lima prototipe.Dari keseluruhan anggaran itu,Indonesia diharapkan menanggung sebesar 20%.

Berdasar informasi yang berkembang, pesawat tempur ini rencananya akan rilis pada 2020 .Rencananya KF-X akan disokong mesin kembar setara dengan kelas General Electric F414 atau SNECMA M88 yang digunakan pada F/A- 18E/F Boeing dan Dassault Rafale. SNECMA menggambarkan M88 sebagai landasan dari keluarga mesin generasi baru. Mitra yang akan dirangkul untuk pengembangan mesin adalah Lockheed Martin yang sebelumnya terlibat dalam desain dan pengembangan pelatih Korea Aerospace T-50 jet supersonik. Proyek KF-X juga akan merangkul sejumlah perusahaan asing. Perusahaan-perusahaan asing akan membayar hingga 30% dari program.

Kepala Tim Pengembangan Sistem Udara Korsel Kolonel AU Dae Yeol-lee sebelumnya mengungkapkan, BAE Systems telah menyatakan minatnya dalam mengembangkan radar, sedangkan Alenia Aeronautica dipercaya untuk memasok senjata utama dari KF-X dan bertanggung jawab pada program neuron kolaboratif untuk mengembangkan teknologi European combat-drone.



http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/338547/


Bocoran dokumen rahasia dari situs WikiLeaks mengungkapkan, Hezbollah memiliki 40.000-50.000 rudal balistik tipe Fatih 110 yang mampu mencapai kota Tel Aviv dan sebagian besar wilayah Israel. Hezbollah juga memiliki 10 rudal canggih tipe Scud D.

Dalam kawat diplomatik tertera November 2009 yang ditulis Kuasa Usaha AS di Damaskus diungkapkan, tindakan Suriah terus membantu mengembangkan kekuatan militer Hezbollah, khususnya terus menyuplai rudal jarak jauh dan memiliki sistem tembak terarah, bisa mengubah perimbangan kekuatan di kawasan dan dapat memicu perang yang lebih menghancurkan dibanding perang Israel-Hezbollah tahun 2006.

AS, menurut kawat diplomatik itu, mengakui Suriah terus memasok senjata kepada Hezbollah mungkin bertujuan untuk memperkuat daya tawar-menawarnya dengan Israel dalam perundingan damai ataupun dalam situasi tegang.

Dalam kawat diplomatik tersebut, sejumlah pejabat Israel menyampaikan kepada sejumlah pejabat AS, dalam perang Israel-Hezbollah mendatang, Hezbollah akan menembakkan 400 hingga 600 rudal setiap hari ke arah berbagai sasaran di Israel selama sekitar dua bulan.

Hezbollah juga memiliki instalasi militer di wilayah Suriah yang akan menjadi sasaran serangan Israel jika meletup konflik militer Israel-Hezbollah pada masa datang.

Diungkapkan pula, Arab Saudi mengusulkan membentuk satuan militer dengan dibantu AS, NATO, dan PBB untuk memerangi Hezbollah di Lebanon.

Dalam kawat diplomatik tertera Mei 2008, Menlu Arab Saudi Pangeran Suud al-Faisal mengatakan, harus ada reaksi militer melawan kelompok bersenjata loyalis Iran di Beirut.

Hezbollah sempat menguasai Beirut Barat pada Mei 2008 dalam konflik dengan Pemerintah Lebanon pimpinan Perdana Menteri Fouad Siniora.

Menurut Faisal, bila Hezbollah menang atas Pemerintah Lebanon secara militer, Iran semakin menancapkan pengaruhnya di Lebanon.

Kawat diplomatik AS seperti dirilis situs WikiLeaks mengkritik keras penyebaran senjata di Timur Tengah, terutama yang berasal dari Suriah dan Iran.

Para diplomat AS memantau perusahaan, perbankan, dan perusahaan kapal kargo yang masuk daftar hitam di mancanegara yang dicurigai terlibat pendanaan dan pengiriman senjata ke faksi-faksi radikal di Timteng, khususnya Hezbollah.

Sejumlah pejabat AS pernah berusaha mencegah seorang pedagang senjata asal Serbia menjual senjata khusus untuk sniper kepada Yaman dan teknologi rudal China kepada Pakistan.


Para diplomat AS dalam kawat diplomatiknya tertera bulan Februari 2009 menyampaikan kecemasannya atas aktivitas pesawat kargo milik maskapai penerbangan swasta Sudan, Al Badar, yang mengangkut senjata dari Iran ke Sudan untuk kemudian dicanangkan dikirim ke Hamas di Jalur Gaza.

1. Ngarai Sianok Bukittinggi – Indonesia

2. Raja Ampat Papua – Indonesia

3. Mount Everest – Perbatasan Nepal & Tibet

4. Gurun Sahara – Afrika



5. Angel Falls – Venezuela
6. Antartika

7. Grand Canyon Arizona – USA

8. Montblanc – France-Suisse

9. Niagara Falls -Canada

http://beritaaneh.com/2010/06/9-keajaiban-alam-dunia-2-dari-indonesia/



FV101 Scorpion adalah tank ringan modern buatan inggris. Dibuat oleh Alvis Vickers dan dipakai oleh militer Inggris pada tahun 1973 sampai tahun 1994. Lebih dari 3000 buah tank jenis ini diproduksi.
Tank jenis ini merupakan kendaraan militer yang cepat, tangkas dan dapat dibawa dengan pesawat udara. Terbuat dari bahan utama aluminium dan dipersenjatai dengan senjata meriam 76mm. Model awal menggunakan mesin (bensin) Jaguar 4.2 liter dan dapat berjalan dengan kecepatan 76 km/jam. Jenis terakhir menggunakan mesin disel.
Tank Scorpion termasuk dalam kelas Light Tank, Indonesia memiliki tank tersebut sebanyak 100 tank pada tahun 2008 type Scorpion-90.

Spesifikasi Tank Scorpion :
Kru 3 orang
Panjang 4.9 meter
Lebar 2.24 meter
Tinggi 2.1 meter
Berat 8.07 ton
Suspensi torsion-bar
Kecepatan di jalan 80 kilometer/jam

Persenjataan :
Senjata utama Meriam 76 mm L23A1
Senjata kedua Senapan Mesin Coaxial 7.62 mm L37A1
Perisai 12.7

Daya Jelajah :
Mesin diesel Cummins BTA 5.9 190 hp (142 kW)
Tenaga 190 / 142 kW
Daya Jelajah 644 km
Dibeli dua kali oleh indonesia pada tahun 1995 dan 1996 sebagai kendaraan lapis baja milik TNI AD. HBL Mantiri, Mantan Kasub ABRI 1994 mengatakan bahwa pembelian tank scorpion oleh Indonesia adalah sebuah kebijakan yang sangat bagus mengingat bentuk dan spesifikasinya yang sesuai dengan kondisi alam indonesia.

Sesuai dengan doktrin TNI AD yang menginginkan kendaraan-kendaraan tempur kecil yang ringan, fleksibel namun bersifat lethal dalam melumpuhkan musuh, Tank scorpion termasuk salah satu pilihan. KemampuanTank scorpion mampu berlari lincah dengan canon 76 mm yang bisa di tembakkan selagi bermanuver.

Pengalaman

Tank scorpion sempat diterjunkan di wilayah operasi Aceh semenjak di berlakukan DOM oleh Presiden Soeharto kala itu guna menumpas sparatis gerakan aceh merdeka (GAM). TNI mendatangkan sebanyak 36 tank Scorpions dan kendaraan pasukan jenis DTR serta satu batalyon Yon Kavaleri I Cilodong meskipun pada akhirnya tank tersebut harus di tarik kembali untuk di gantikan dengan kendaraan tempur milik Pindad.

Alasan TNI menerjunkan kendaraan lapis baja tersebut karena kemampuannya yang bisa menjelajah di segala medan tempur di samping kemampuan manuvernya yang lincah dan stabil.

Tentang Kami ...

Foto saya
Bogor, Yogyakarta, Indonesia
Pendiem, cuek, kuper, tp asik kok, seneng baca sesuatu yang menarik mata & hati, seneng berkelana juga.. Dalam hidup, jika kamu takut sesuatu.. maka kamu tidak akan melihat apapun

Popular Posts

Pengikut

PRIMAFVA. Diberdayakan oleh Blogger.