Senin, 15 November 2010

Mengeluh M4 kekurangan daya hantam mematikan terhadap musuh yang berlindung di balik perkuatan ? jangan khawatir, M4 ternyata bisa di duetkan dengan persenjataan  lain yang dipassang di bawah larasnya (undeslug) baik tipe peluncur granat maupun shotgun. Dengan tambahan senjata di bawah ini, di jamin M4 tambah garang, musuh pasti di tanggung tunggang langgang.

Knights Armament Company (KAC MASTERKEY )
Dari namanya saja, sudah terbaca  kalau tambahan ini bertugas membuka semua pintu walaupun dilakukan dengan paksa. Dikembangkan sejak akhir 1980, para desainer di knight sengaja memasangkan shotgun remington M870 yang di perpendek laras kebawah M4.

Kapasitas peluru : 3 + 1
Kaliber 12 gauge
Berat Sistem 2,6 Kg

COLT/ROCK ISLAND ARSENAL M203 GRANADE LAUNCHER

Walaupun bukan senjata baru karena terhitung sudah di gunakan M16 sejak awal 1970, M203  Masih menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dari M4, maklum saja dengan hulu ledak bertipe M433 HEDP ( High Explosive Dual Purpose), baja setebal 5 cm pun bisa di tembus, belum lagi kepala peluru tipe BUCKSHOT atau CS GAS. Profile laras M4 yang lebih pendek dari M16 disiasati Colt dengan mengeluarkan M203A1 , ternyata M203 orisinil dengan laras 12 inci juga tidak di haramkan untuk di pasang ke M4

Kapasitas peluru : 1
Kaliber : 40 x 46 mm
Berat sistem 1,36 kg
COLT/ROCK ISLAND ARSENAL M203 GRANADE LAUNCHER Pabrikan C-More Systems mencoba menyempurnakan konsep Masterkey dengan menghadirkan XM26 LSS ( Lightweight Shotgun Systems ). Jika pada Masterkey operator kesulitan memompa shotgun karena posisi slide yang ada di depan, C-more merancang XM26 untuk di operasikan dengan sistem bold Action, sehingga waktu reaksi mengokang menjadi jauh lebih cepat. Tidak cuman itu, XM26 juga menawarkan sistem pengisian peluru menggunakan kota magasen agar operator bisa melakukan pengisian peluru jauh lebih cepat dibanding harus mengisikan peluru satu per satu pada shotgun macam Masterkey. Soal peluru, XM26 juga bisa diisikan dengan peluru penjebol pintu, peluru pejal buckshot atau peluru berisikan CS gas untuk kendali huru-hara. Sejauh ini, sejumlah kecil XM26 sudah dirilisi untuk pasukan AS Afganistan, terutama dari 10th Mountain Division.    

Kapasitas peluru: 5
Kaliber 12 Geuge
Berat sistem 1,22 Kg


HECKLER UND KOCH (HK) XM320
Walaupun sudah dipakai cukup lama, M203 ternyata masih belum memuaskan AB AS. Leaf sight yang menyulitkan dalam pembidikan senapan dan ketidakmampuan M203 memuat peluru berukuran panjang menjadi pembenaran untuk mencari pengganti M203. Untuk itu, AB AS beralih ke HK yang menawarkan modifikasi pelontar granat AG-C milik G36. Dengan bukaan ke samping dan sight yang nantinya terpasang di sisi kiri handguard M4, di jamin pengoperasian XM320  akan lebih cepat M203 yang sebelumnya menuntut operator untuk membuka leaf sight terlebih dahulu. Selain itu, adanya pistol grip terpisah pada XM320 membuat operator tidak perlu bertumpu pada magasen seperti halnya dalam penembakan M203.

Kapasitas peluru: 1
Kaliber : 40 x 46 mm
Berat sistem : 1,5 kg


Sumber: http://rixco.multiply.com/journal?&page_start=180
 

0 komentar:

Tentang Kami ...

Foto saya
Bogor, Yogyakarta, Indonesia
Pendiem, cuek, kuper, tp asik kok, seneng baca sesuatu yang menarik mata & hati, seneng berkelana juga.. Dalam hidup, jika kamu takut sesuatu.. maka kamu tidak akan melihat apapun

Popular Posts

Pengikut

PRIMAFVA. Diberdayakan oleh Blogger.