Rabu, 02 Februari 2011

 H.M.M.W.V. …..  
Apaan tuh    !@#$*** ???? 

Begitulah reaksi spontan rekan saya sesaat setelah melihat sebuah tulisan di papan tulis yang bertuliskan HMMWV. Wajahnya kelihatan aneh dan setengah tersenyum mengejek, seolah hatinya sedang bertanya-tanya,

“Apakah orang ini tidak tahu hurup vokal ??” 
“Apakah dia tidak salah menulis ??”

Dengan wajah bingung dan penuh penasaran ia bertanya pada forum tentang makna huruf-huruf tersebut dan disambut gelak tawa rekan yang lain. Namun setelah diselidiki lebih jauh, ternyata hampir dua per tiga dari rekan-rekan yang ada di ruangan saat presentasi ini berlangsung, juga belum mengetahui maksud dari serangkaian huruf konsonan (mati) tadi. Rupanya mereka pun tertawa karena berpikiran yang sama, alias belum tahu apa sebenarnya maksud dari HMMWV itu.

Ya, itulah sepenggal cerita pengalaman saya saat sedang mengikuti sebuah forum latihan bersama antar negara beberapa waktu yang lalu. Tapi saat ini saya tidak akan membahas tentang latihan tersebut, pada kesempatan ini saya ingin mengajak para pembaca sekalian untuk “sedikit” lebih mengenal tentang HMMWV tadi. (Karena saya pun baru mempelajarinya J)


High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle

HMMWV adalah kependekkan dari High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle  atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan HUMVEE. Yang merupakan kendaraan tempur (militer) taktis (4 WD) serbaguna, langsiran A.M. General Corporation asal negeri paman sam.

Arsenal ini awalnya diciptakan khusus bagi angkatan bersenjata Amerika Serikat (AS), dan telah digunakan sejak tahun 1984. Humvee memulai debut karirnya di Angkatan Darat AS (US ARMY) sebagai kendaraan taktis ringan yang didesain khusus agar memiliki kemampuan seperti angkut personil, anti serangan senjata ringan dan dilengkapi dengan sistem persenjataan khusus untuk mendukung tugas prajurit di lapangan.

Cikal bakal Humvee dimulai dari tahun 1970-an, dimana pada saat itu US Army menemukan bahwa penggunaan kendaraan truk atau jeep ringan (non militer) yang dimodifikasi ke versi militer sudah tidak lagi memenuhi standar operasional di lapangan. Dan untuk memperkecil jumlah korban serta memaksimalkan pencapaian keberhasilan pelaksanaan tugas di medan pertempuran, Angkatan Darat negeri Paman Sam ini mengusulkan untuk diadakannya sejenis kendaraan khusus bagi angkatan bersenjata, guna mendukung kinerja prajurit yang lebih optimal.

Pada tahun 1979, setelah melalui proses yang panjang dan berliku, akhirnya AM General (American Motors Corporation) berhasil memenangkan tender untuk pengadaan kendaraan serbaguna ini. Dalam waktu kurang dari setahun, AM General berhasil melakukan tes terhadap purwarupa pertama, M998. Keberhasilan ini berbuah manis pada proyek berikutnya. Pada tahun 1981, pemerintah Amerika Serikat memberikan kontrak untuk pengadaan 55.000 unit kendaraan HMMWV bagi angkatan perangnya.

Seperti julukannya, ”kendaraan serbaguna dengan mobilitas tinggi”, Humvee dirancang untuk mampu bergerak dan bermanuver di segala medan. Jalan raya, hutan, gunung, sungai dan bahkan daerah ekstrim seperti gurun pasir dan daerah bersalju pun dilahapnya.  


Metamorfosa HMMWV

Perkembangan kendaraan serbaguna ini sudah jauh lebih maju daripada variant pertamanya. Saat ini kira-kira ada ratusan HMMWV dari sekitar 17 variant yang berbeda di Angkatan Bersenjata AS. Kemampuan terdahulu yang hanya bertahan terhadap serangan senjata ringan, kini sudah dikembangkan untuk tahan terhadap beberapa jenis ranjau dan persenjataan sedang. Sistem komputerisasi dan komunikasi pun semakin canggih. Tidak ketinggalan kemampuan indera penciuman sebagai upaya deteksi dini, semuanya sudah melekat di diri HMMWV. Apalagi urusan kemampuan persenjataannya, tidak perlu diragukan lagi. Anda sebutkan saja jenis persenjataan yang mampu digotong oleh sebuah kendaraan tempur, maka anda akan terkagum-kagum pada sosok yang satu ini.

HMMWV kini lebih canggih dan lebih tahan banting. Kegunaannya pun telah banyak mengalami perkembangan, disesuaikan dengan medan dan fungsi tugasnya. Yang dulunya hanya sebagai kendaraan angkut personil, saat ini HMMWV sudah menjelma ke berbagai variant sesuai tugas dan fungsinya yang lebih spesifik. Ada yang berupa ambulance, angkut kargo dan personil, angkut persenjataan ringan, angkut senjata berat, radar, bahkan ada juga yang mengusung persenjataan artileri. Penggunaan HMMWV juga sudah lebih banyak mengalami modifikasi dan pengembangan sesuai daerah operasionalnya, seperti gurun pasir dan salju.
   


HMMWV atau Humvee generasi saat ini pun sudah jauh lebih modern dan lebih kompleks dari pada versi terdahulunya. Saat ini HMMWV didesain lebih tahan terhadap medan dan cuaca yang ekstrim, lebih lihai dalam bermanuver, lebih tahan terhadap serangan senjata, memiliki kemampuan deteksi dini karena dilengkapi dengan radar yang super canggih serta yang paling penting adalah lebih mampu memberikan perlindungan bagi keselamatan prajurit di medan tugas. Beberapa kelebihan inilah yang akhirnya menjadikan sosok kendaraan tempur ini menjadi sebuah arsenal yang sangat vital dan selalu diperhitungkan dalam setiap medan pertempuran.

Ketangguhan dan ketahanannya yang telah terbukti di berbagai medan pertempuran telah menjadi buah bibir banyak orang. Hal inilah yang membuat beberapa negara di luar AS seperti Canada, Israel, Mesir, Rumania, Czech, Spanyol, Rusia, Argentina, Bulgaria dan masih banyak lagi, mulai tertarik dan menggunakannya sebagai kendaraan taktis bagi setiap angkatan perang mereka. Diyakini untuk beberapa dekade ke depan, HMMWV bukan lagi hanya sebagai sarana pendukung personil dan persenjataan semata, melainkan sudah merupakan sebuah alat utama sistem persenjataan yang amat vital bagi sebuah angkatan perang.

http://sundryserbaserbi.blogspot.com/2010/04/hmmwv_08.html

0 komentar:

Tentang Kami ...

Foto saya
Bogor, Yogyakarta, Indonesia
Pendiem, cuek, kuper, tp asik kok, seneng baca sesuatu yang menarik mata & hati, seneng berkelana juga.. Dalam hidup, jika kamu takut sesuatu.. maka kamu tidak akan melihat apapun

Popular Posts

Pengikut

PRIMAFVA. Diberdayakan oleh Blogger.